AMUNTAI – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar rapat koordinasi persiapan peluncuran PORTAL HSU, bertempat di Gedung Arsip, Jum’at (12/4).

Rapat Koordinasi yang dihadiri beberapa perwakilan SKPD terkait ini dibuka oleh Asisten II H. Akhmad Rifaniansyah mewakili Bupati HSU.

Kepala Dinas Kominfo H. Adi Lesmana dalam pemaparannya menyampaikan, PORTAL HSU adalah sebuah layanan SPBE Kabupaten HSU dengan sistem single sign on yang merupakan salah satu implementasi dari Perbub HSU Nomor 54 Tahun 2018 tentang penerapan dan pengembangan E-Goverment Pemerintah Kabupaten HSU.

Menurut Adi Lesmana, PORTAL HSU ini berbasis web yang nantinya menjadi kunci untuk membuka pintu masuk bagi pengguna (ASN maupun masyarakat umum) untuk mengakses berbagai layanan berbasis aplikasi yang saling terintegrasi, baik terkait pemerintahan maupun layanan umum.

“PORTAL HSU terbagi menjadi 2 jenis layanan, yaitu layanan pemerintah (non publik) dan layanan umum/masyarakat atau layanan publik,” jelasnya.

Adi Lesmana menambahkan, pada tahap awal peluncuran PORTAL HSU yang direncanakan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten HSU nanti juga dibarengi peluncuran Aplikasi SIMPUN (Sistem Informasi Manajemen Kependudukan) yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Aplikasi SIMPUN terintegrasi dalam Portal HSU yang bermanfaat untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan secara online, seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan Akta Kematian,” jelas Adi Lesmana.

Menurut Adi Lesmana, pembuatan dokumen kependudukan melalui aplikasi tersebut sangat berguna bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus ke kantor Disdukcapil, karena bisa dilakukan secara online, dan hasilnya akan dikirim melalui PT POS ke alamat masing-masing.

Melalui rapat koordinasi ini, dengan menampung saran dan masukan dari SKPD terkait lainnya, diharapkan PORTAL HSU dan Aplikasi SIMPUN sukses diluncurkan pada saat Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSU nanti. Oleh karena itu, komitmen bersama dan kerjasama dari SKPD terkait sangat diperlukan mulai dari persiapan hingga peluncurannya nanti. (Diskominfo/nata)

(sumber: http://www.hulusungaiutarakab.go.id/siapkan-peluncuran-portal-hsu-diskominfo-gelar-rapat-koordinasi/ )

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *