AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) meluncurkan aplikasi Portal HSU dan SIMPUN (Sistem Informasi Manajemen Kependudukan), usai apel pagi gabungan di halaman Kantor Bupati HSU, Senin (29/4).

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan, aplikasi Portal HSU dan SIMPUN (Sistem Informasi Manajemen kependudukan) merupakan hasil kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten HSU mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta dukungan PT POS Indonesia,” ucap Bupati Wahid.

Dengan diluncurkannya aplikasi Portal HSU dan SIMPUN, Bupati Wahid berharap dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, khususnya dalam pelayanan dokumen kependudukan. Menurutnya, pelayanan pencatatan sipil seperti Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga adalah hak dasar warga negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah, sekaligus pengakuan negara terhadap warga masyarakatnya. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu memberikan pelayanan yang prima, cepat, dan gratis kepada masyarakat.

“Peluncuran aplikasi Portal HSU dan SIMPUN sebagai upaya pemerintah daerah untuk mendukung program nasional dalam bidang kependudukan, serta program nasional sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Di samping juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan berdasarkan ketentuan yang berlaku,” sambungnya.

Kehadiran aplikasi Portal HSU dan SIMPUN pada peluncuran hari ini juga menurut Bupati sebagai kado istimewa dari pemerintah daerah kepada masyarakat HSU yang akan memperingati HUT ke-67 Kabupaten HSU.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama pemanfaatan data kependudukan dan NIK untuk pengembangan aplikasi SPBE Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam penerapan single sign on antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Dinas Komunikasi dan Informatika yang diketahui oleh Bupati Hulu Sungai Utara.

Selain itu, juga dilakukan penandatangan kontrak kerja sama pelayanan antar jemput dokumen kependudukan kepada masyarakat pemohon antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil HSU dengan PT POS Indonesia Cabang Amuntai yang diketahui oleh Bupati Hulu Sungai Utara.

Usai peluncuran aplikasi, Bupati beserta Ketua TP PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, diikuti PT POS Indonesia, Dinas Kominfo, Dinas Dukcatpil, serta Camat dan Lurah/Kepala Desa setempat mendatangi rumah-rumah warga untuk menyerahkan secara langsung Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak, disertai penyampaian ucapan selamat atas kelahiran anaknya yang telah memohonkan akta kelahirannya; yaitu di Kelurahan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah, Desa Kandang Halang Kecamatan Amuntai Tengah, dan Desa Banyu Tajun Hilir Kecamatan Sungai Pandan. (Diskominfo/Tim)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *