Siaran Pers No. 216/HM/KOMINFO/11/2017

Tanggal 7 November 2017

Tentang

GO DIGITAL! Gerakan Nasional UMKM Go Online

Jakarta – Visi ekonomi Indonesia 2020 ialah menjadi “The Digital Energy of Asia” dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 Miliar. Dalam mengejar visi ini, kita menghadapi dua tantangan utama yang harus diselesaikan secara seimbang dan serentak yaitu globalisasi dan sistem ekonomi yang adil dan produktif, yang berpihak pada rakyat serta terjaminnya sistem insentif ekonomi yang adil dan mandiri.

Dalam mendukung visi bersama, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah daerah dan pelaku bisnis e-Commerce antara lain: BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak bersama – sama melakukan Gerakan Nasional digitalisasi UMKM untuk mendorong kekuatan ekonomi nasional yang berbasis UMKM. Gerakan Nasional ini juga didukung oleh 2 program pemerintah yaitu 8 juta UMKM dan Ekonomi Kerakyatan.

UMKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja ± 90 % serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto Nasional. Terlebih lagi dari hasil survey UMKM yang telah online, dapat disimpulkan bahwa berjualan online dapat meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap.

Roadshow hari ini merupakan roadshow pembuka dari Gerakan UMKM Go Online. Roadshow dilaksanakan serentak di 13 kota yaitu: Medan, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo dan Surabaya. Peresmian oleh semua stakeholders Gerakan Nasional UMKM Go Online akan diadakan pada tanggal 15 November di Jakarta.

Diharapkan Gerakan Nasional ini dapat menjadi Gerakan yang berkesinambungan dan mencapai visi kita bersama yaitu menjadikan Indonesia sebagai “Digital Energy of Asia” pada 2020.

Roadshow UMKM Go Online Serentak di 13 kota, antara lain : 

1. Kabupaten Semarang
Lokasi : PP PAUD dan DIKMAS, Jalan Diponegoro no.250 Ungaran, Kab. Semarang.
Marketplace : Lazada.co.id

2.Balikpapan
 Lokasi : Gedung Kesenian Bpp
Jl. Syarifuddin Yoes, Gn. Bahagia, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76115.
Marketplace : shopee.co.id

3. Kabupaten Sidoarjo
Lokasi : Pendopo Alun-alun Sidoarjo, Jalan Jenggolo No 44A
Marketplace : Blibli.com

4. Kabupaten Bandung Barat
Lokasi : Hotel Cherish Lembang
Jalan Cigugur Girang, Parongpong Kab. Bandung Barat
Marketplace : Blibli.com

5. Palembang
Lokasi : Pendopo Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.
Market Place : shopee.co.id

6. Jawa Timur, Kota Surabaya
Lokasi : Aula Kominfo, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Jl. Ahmad Yani 242-244, Surabaya
Marketplace : mataharimall.com

 7. Kota Medan 
Lokasi : Ruang Rapat III Lt.IV Kantor Walikota Medan
Jl. Kapten Maulana Lubis No.2 Medan
marketplace : lazada.co.id

 8.Kabupaten Purwakarta 
Lokasi : Aula Bank Jabar Banten Banten (BJB) cabang purwakarta.
Jl.Jendral Sudirman,No.63-64,Nagri Kaler,kec.Purwakarta,Kabupaten Purwakarta,Jawa Barat.
Marketplace : blibli.com

 

BIRO HUMAS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

 

Sumber: https://kominfo.go.id/content/detail/11346/siaran-pers-no-216hmkominfo112017-tentang-go-digital-gerakan-nasional-umkm-go-online/0/siaran_pers

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *