Amuntai – Di era modern seperti sekarang, keberadaan situs web (website) instansi memiliki peranan penting dalam memudahkan penyebarluasan informasi, karena merupakan kumpulan laman di internet yang berisi informasi terkait tema tertentu yang dipublikasikan oleh instansi.

Hal itu ditekankan oleh Direktur  E-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika Ir. Firmansyah Lubis, MT selaku narasumber dalam Sosialisasi Pengembangan Website yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (25/4), yang diikuti oleh Diskominfo seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk Diskominfo Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Firmansyah mengatakan, untuk memudahkan tercapainya tujuan keberadaan situs web instansi, situs web instansi hendaknya meliputi identitas sosial seperti nama domain instansi, dikelola secara realtime agar informasi yang tersedia tepat waktu, memiliki konten yang tidak menyinggung sara dan pornografi, data visual yang menarik, bahasa yang mudah dimengerti, navigasi yang mudah, dan tersedianya keamanan informasi.

“Bahkan, kalau bisa juga tersedia fitur untuk penyandang disabilitas agar informasi bisa diterima oleh berbagai kalangan,“ lanjutnya.

Situs web instansi juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan media sosial yang pada saat ini memiliki sangat banyak pengguna, supaya pengguna bisa lebih mudah berpartisipasi, berbagi, serta menciptakan konten untuk situs web.

“Media sosial dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, bukan hanya sebatas ajang update status yang mengumbar data dan informasi pribadi secara gamblang,” pesan Firman.

Firman menambahkan, keberadaan situs web instansi diharapkan mampu mencakup layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, sehingga harus didukung dengan kemampuan untuk terus-menerus melakukan updating informasi.

“Intinya, perkembangan teknologi dapat meningkatkan layanan publik yang berkualitas tinggi, realtime, dan dapat memuaskan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan pelayanan,” pungkasnya. (Diskominfo/mahdi)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *